1 Lot Berapa Lembar Saham? Mari Pahami Penjelasannya

Imbuetea – Bagi Anda yang akan membeli saham tentunya harus memahami tentang istilah dari Lot itu sendiri dan berapa lembar saham dalam 1 Lot. Ketika membeli saham, Anda tentunya akan mengisi jumlah satuan saham yang akan Anda beli dengan satuan lembar. Namun meski membeli saham dengan mengisi jumlah satuan dengan satuan lembar bukan berarti dihitung perlembarnya. Transaksi saham tidak bisa dilakukan per lembar. Saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan juga kekayaan perseroan. Perusahaan yang sahamnya dapat Anda beli di Bursa Efek Indonesia berarti disebut sebagai Perusahaan Tercatat. Daripada kebingungan mari langsung simak penjelasannya dibawah ini.

1 lot saham berapa lembar

1 Lot Berapa Lembar Saham?

Lot adalah satuan standar untuk menyebut nominal instrumen keuangan yang dijual belikan dalam bursa atau singkatnya Lot merupakan satuan perdagangan yang digunakan oleh pihak bursa. Bursa Efek Indonesia menetapkan standar 1 Lot saham sebanyak 500 lembar itu sebelum tahun 2014. Namun sesuai dengan kebijakan yang terbaru, standar jumlah 1 Lot saham adalah 100 lembar. Meski demikian, harga saham per lot bisa berbeda-beda.

Tujuan Penetapan Lot Oleh Bursa Efek Indonesia

Mengutip dari https://www.ocbcnisp.com/ penentuan 1 lot saham berapa lembar oleh BEI punya banyak tujuan. Tujuannya yaitu :

1. Menjaga Nominal Ideal Transaksi Saham

Tujuan pertama Bursa Efek Indonesia menentukan 1 lot saham berapa lembar adalah untuk menjaga nominal ideal transaksi antara emiten, underwriter, dan investor. Supaya lebih mudah, coba kita bayangkan jika Bursa Efek Indonesia mengizinkan pembelian saham per lembar, bukan per Lot. Maka akan terjadi transaksi-transaksi dengan nominal kecil. Hal ini lah yang menyebabkan ketidak efisienan, baik dari sisi perusahaan emiten, underwriter, maupun dari sisi bursa efek.

2. Mempercepat Perusahaan dalam Menerima Permodalan

Tujuan yang selnjutnya yaitu untuk melindungi perusahaan dari investor yang kurang serius. Tujuan perusahaan melakukan emisi saham adalah untuk mendapatkan bantuan permodalan dalam jumlah besar. Jika tidak ada penentuan harga saham per Lot, proses penjualan saham perusahaan akan memakan waktu yang lebih lama.

3. Mempermudah Perhitungan Profit Investasi

Sebetulnya pada dasarnya, penetapan standar 1 lot saham berapa lembar oleh Bursa Efek Indonesia akan membantu pelaku pasar modal melakukan perhitungan profit investasi, baik dari segi dividen atau yield-nya.

4. Menarik Minat Investasi Dari Masyarakat

Untuk tujuan yang terakhir yaitu tentu untuk menarik minat dari masyarakat secara luas untuk berinvestasi. Perhitungan keuntungan per lot saham tampak lebih menarik, karena jumlahnya jauh lebih besar.

Kelebihan Dari Berinvestasi Saham

Setelah tadi kita membahas soal 1 Lot berapa lembar saham, kita akan memasuki apa kelebihan sari berinvestasi saham. Dibawah ini daftar kelebihan dari Anda yang melakukan investasi saham.

  • Anda tidak perlu melakukan perawatan
  • Tidak dibutuhkannya merekrut karyawan baru
  • Terdapat Bursa Efek Indonesia yang merupakan tempat memperjualbelikan saham dan mempertemukan pihak penjual serta pembeli saham (Likuid) sehingga lebih aman dan terjamin
  • Nilai sahamnya mudah untuk dipantau (di media elektronik atau pun cetak)
  • Tidak memerlukan pembayaran pajak selama berinvestasi saham
  • Capital Gain: Investor dapat menjual sahamnya dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli.
  • Dividen: Pembagian keuntungan berasal dari keuntungan perusahaan.
  • Fleksibel: Investasi dapat dilakukan kapan dan dimana saja melalui aplikasi.

Itu penjelasan 1 Lot berapa lembar saham, tujuan penetapan Lot oleh BEI dan kelebihan dari berinvestasi saham. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membaca artikel ini.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.