Beberapa Metode Penyembuhan Skoliosis

Imbuetea – Untuk gejala tertentu, skoliosis dapat disembuhkan dengan sejumlah metode medis. Maka dari itu, Anda harus mengenali di mana skoliosis rehab di Indonesia yang terbaik. Skoliosis yang terjadi biasanya ringan, namun dapat menjadi lebih parah karena faktor usia usia.

Bagi wanita, skoliosis yang terus berkembang menjadi parah, bisa menyebabkan gangguan jantung, paru-paru, atau kelemahan pada tungkai. Meski kebanyakan ditemukan pada wanita, penyakit yang membuat tulang belakang melengkung seperti huruf C atau S ini juga sering ditemukan pada anak-anak usia 10-15 tahun.

metode penyembuhan skoliosis

Penanganan Terhadap Pasien Skoliosis

Sebelum mengenal metode penyembuhan skoliosis, Anda harus tahu kapan gejala tersebut harus dibawa ke dokter atau bisa melakukan terapi pada ahlinya. Jangan biarkan penanganan penyakit tersebut terlambat atau menjadi lebih parah.

Jika Anda sudah mengetahui gejala skoliosis pada tubuh, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab, tidak sedikit masyarakat yang enggan memeriksakan sakit mereka. Jika sudah parah, mereka baru sadar kalau penanganan medis sangat diperlukan. Sayangnya, kesadaran itu biasanya terlambat.

Mengenal Terapi Skoliosis

Pemeriksaan ini bisa dilakukan ke dokter spesialis ortopedi ahli spine. Pemeriksaan medis ini bertujuan agar penyakit terdeteksi sejak dini. Jika penanganannya terlambat, sakit ini bisa lebih buruk dengan rasa nyeri hingga menimbulkan penyakit komplikasi lain yang sulit disembuhkan.

Terapi atau penanganan skoliosis dilakukan sesuai dengan seberapa parah sakit tersebut. Faktor lain yang patut diperimbangkan adalah kondisi lengkungan pada tulang belakang dan usia pasien skoliosis.

Terapi skoliosis pada anak-anak pada umumnya tidak menggunakan pengobatan. Mengingat tulang belakang anak masih rawan, sehingga masih ada kesempatan untuk dikembalikan lurus sebelum usia anak tersebut bertambah. Meski demikian, tumbuh kembang anak patut diketahui oleh dokter.

Dengan pemeriksaan rutin ke dokter, dapat diketahui perkembangan kondisi tulang pada anak. Dokter juga dapat melakukan pengamatan dengan rutin melakukan pemeriksaan foto ronsen dan analisa medis lainnya. Jika kondisinya parah, penggunaan penyangga biasanya akan direkomendasikan.

Penyangga tulang yang digunakan untuk anak biasanya terbuat dari plastik. Penggunaannya melalui bawah lengan, tulang rusuk, serta bagian bawah punggung dan pinggul. Penyangga ini dibuat custom atau menyesuaikan dengan kondisi tubuh orang tersebut.

Agar lebih cepat menunjukkan hasil, dokter akan menyarankan penyangga tersebut digunakan setiap hari, kecuali untuk aktivitas olahraga atau aktivitas fisik lain. Pemakaian penyangga dapat dihentikan saat pertumbuhan tulang belakang berhenti seperti saat dua tahun setelah anak perempuan menstruasi.

Penggunaan penyangga juga harus berhenti apabila anak mulai keluar kumis atau jenggot, khusus hal ini berlaku untuk anak laki-laki. Tanda-tanda umum adalah jika sudah tidak ada lagi penambahan tinggi badan pada anak. Jika sudah menunjukkan tanda tersebut, lebih baik diberhentikan.

Untuk penderita dewasa, pasien skoliosis sering merasakan nyeri punggung. Dengan begitu, maka terapi atau pengobatan yang dapat dilakukan adalah pemberian obat nyeri sesuai rekomendasi dokter.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *