Beberapa Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening Ini Harus Diwaspadai 

Imbuetea – Hingga saat ini sudah ada berbagai jenis penyakit kanker yang dapat menyerang manusia. Mulai dari serangan kanker darah, kanker tulang, kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker kelenjar getah bening. Kanker kelenjar getah bening atau limfoma merupakan salah satu jenis kanker yang akan berkembang dalam sistem limfatik.

Jika kamu belum tahu, sebenarnya sistem limfatik ini memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh seseorang. Didalam setiap tubuh manusia setidaknya ada sekitar ratusan kelenjar getah bening yang tersebar mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Fungsi kelenjar getah bening ini sebenarnya sebagai penyaring cairan limfatik untuk menghentikan penyebaran kuman dan bakteri di seluruh tubuh. Nantinya cairan limfatik tersebut dapat membantu kamu dalam melawan beberapa infeksi baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan lainnya.

Ada dua jenis kanker kelenjar getah bening yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Kanker limfoma Hodgkin adalah jenis kanker kelenjar getah bening yang terjadi karena adanya sel abnormal Reed-Sternberg. Sedangkan kanker non-Hodgkin adalah jenis kanker kelenjar getah bening yang dimana pada saat dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan adanya sel abnormal Reed-Sternberg.

Tetapi sebenarnya yang menjadi penyebab kanker kelenjar getah bening ini tidak hanya itu saja, karena masih ada beberapa penyebab lainnya yang harus diwaspadai seperti diantaranya :

kelenjar getah bening

1. Menurunnya Sistem Imun

Saat sistem imun seseorang lemah maka dirinya beresiko lebih tinggi untuk terkena serangan kanker kelenjar getah bening. Hal tersebut dikarenakan tubuh sudah tidak mampu lagi melindungi dirinya dari adanya serangan infeksi bakteri ataupun virus.

2. Mengalami Infeksi

Adanya infeksi tertentu yang dialami seseorang juga dapat menyebabkan terjadinya kanker kelenjar getah bening. Adanya beberapa virus yang dapat menginfeksi terjadinya limfoma secara langsung ataupun tidak langsung. Bagi virus yang tidak menginfeksi secara langsung, mereka cenderung melakukannya dengan cara menstimulasi sistem kekebalan tubuh untuk waktu lama.

3. Beberapa Bahan Kimia

Sejumlah ahli mengatakan bahwa adanya beberapa bahan kimia yang dapat menjadi penyebab terjadinya kanker kelenjar getah bening pada seseorang. Para ahli tersebut memandang bahan kimia industri, pestisida, hingga pewarna rambut adalah sebagai faktor sel kanker kelenjar getah bening menjadi aktif. Dan yang lebih mencengangkan lagi jika mereka para pekerja yang sering terpapar bahan bahan kimia juga beresiko tinggi terserang kanker kelenjar getah bening.

4. Pola Gaya Hidup

Kamu harus tahu jika pola gaya hidup seseorang juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker. Mulai dari kanker darah, kanker payudara, hingga kanker kelenjar getah bening. Terlebih lagi bagi mereka para perokok aktif dan pasif. Ternyata kebiasaan merokok ini tidak hanya dapat menyebabkan penyakit kanker mulut dan tenggorokan saja, tetapi juga dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening.

5. Riwayat Keluarga

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan riwayat keluarga dan bukan juga merupakan penyakit menular. Meski begitu kamu harus tetap waspada terlebih jika adanya salah satu anggota keluargmu yang sedang menderita kanker.

6. Riwayat Penyakit Kanker Dan Usia

Kamu juga harus tahu bahwa seseorang yang pernah menjalani proses kemoterapi dan radioterapi sebelumnya, maka dirinya berisiko tinggi dapat mengembangkan limfoma. Tapi bagi mereka yang dinyatakan sudah sembuh dari penyakit kanker tertentu, jangan berbesar hati dulu. Karena meski sel kanker tersebut sudah mati, tetapi belum tentu juga seluruh sel kankernya benar benar sudah mati total.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *