Cara Mendeteksi Gelang Emasmu Asli Atau Palsu

Imbuetea – Saat ini sedang sangat digandrungi adalah investasi emas. Hal ini mengingat karena harga emas yang cenderung naik dari tahun ke tahun sehingga kekayaan bagi pemilik emaspun juga akan terus meningkat. Apabila anda tertarik untuk investasi emas baik dalam bentuk batangan 24 karat ataupun perhiasan seperti kalung, gelang emas asli, cincin ataupun anting. Dalam memilih emas pastikan emas yang anda pilih adalah emas asli. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk membedakan apakah emas yang akan anda beli itu emas asli atau palsu.

gelang emas asli

Gigit emas yang anda punya

Cara menggigit emas tentunya sangat popular. Hal ini mengingat emas adalah logam mulia yang mempunyai sifat unik dimana semakin tinggi atau semakin murni emas maka akan semakin lunak logam tersebut. apabila anda menggigit emas dan terdapat bekas gigitan yang tertinggal maka kemungkinan besar emas itu adalah emas asli.

Akan tetapi cara menggigit ini tidak bisa dipakai di perhiasan anda, semisal anda mempunyai gelang emas asli seperti yang disampaikan ke toko maka ketika anda menggigitnya ia tidak ada tampak bekas gigitan. Hal tersebut bukan berarti gelang dari emas yang anda miliki palsu akan tetapi karena gelang tersebut tidak terbuat dari 24 karat emas akan tetapi ada kandungan lain juga yang digunakan seperti perak dan tembaga. Hal ini dilakukan untuk mempertahakan tingkat ketahanan dari gelang emas tersebut.

Gosok, dan lihat perubahan warnanya

Untuk mengetahuui emas asli atau tidak dapat di cek dari kadar warnanya. Cobalah anda menggosok – gosok permukaan emas menggunakan telapak tangan atau telunjuk apabila setelah digosok warnanya menjadi pudar dan tidak seragam maka dapat dipastikan bahwa itu adalah emas palsu.

Dekatkan dengan medan magnet

Magnet merupakan salah satu metode tambahan yang dapat anda gunakan untuk mengukur apakah emas tersebut asli atau palsu. Hal tersebut mengingat emas bukan logam magnetic maka apabila di dekatkan ke magnet maka emas yang asli tidak akan menempel.

Anda dapat mencoba dengan menggoreskan pada kramik ataupun kertas

Cara lain untuk menguji apakah ia emas asli atau tidak adalah dengan menggoreskan emas pada keramik ataupun kertas. Emas asli tidak akan tergires sama sekali hal ini akan berbeda dengan emas palsu yang akan meninggalkan goresan – goresan kecil ataupun kehitaman.

Anda juga dapat menanyakan sertifikat dari emas tersebut

Sebelum membeli emas ada baiknya anda memeriksa sertifiat yang di miliki. Cara mengujinya adalah dengan meletakkan sertifikat emas tersebut di bawah sinar ultraviolet. Apabila sertifikat tersebut asli maka akan ada garis minor warna warni seperti uang kertas dan blok berwarna hijau disetiap deskripsi detail sertifikatnya. Pastikan juga terdapat logo watermark perusahaan pencetak sertifikat tersebut.

Itulah beberapa cara membedakan emas yang anda miliki ataupun yang akan anda beli asli atau tidak. Cara tersebut dapat anda gunakan untuk membeli emas asli 24 karat ataupun perhiasan seperti gelang emas asli yang juga sangat ternilai.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *