Cara Merawat Jersey Sepeda yang Benar

Imbuetea – Bagi seseorang yang memiliki hobi bersepeda, tentu bikin jersey sepeda bersama komunitas mereka adalah ide yang sangat menarik. Ya, jersey bersepeda yang dibuat khusus tersebut akan menjadi ciri khas dan pembuat identitas dari komunitas tersebut. Selain itu, secara umum, jersey bersepeda juga akan meningkatkan kenyamanan tubuh saat bersepeda.

Nah, jika Anda memiliki jersey bersepeda, ada poin perawatan jersey yang harus Anda pahami dengan baik. Perlu diketahui bahwa bahan yang digunakan untuk membuat jersey bersepeda berbeda dengan bahan kaus biasa sehingga perawatan yang diperlukan pun cukup berbeda.

Lantas, bagaimana cara merawat jersey sepeda agar cenderung awet dan tidak mudah rusak? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

bikin jersey sepeda

Tips Merawat Jersey Sepeda

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait merawat jersey bersepeda terutama pada bagian pencucian. Pemahaman yang tepat tentang cara merawat jersey bersepeda ini akan membuat jersey yang Anda miliki cenderung tidak mudah rusak dan tentu saja bisa digunakan dalam waktu yang cenderung lama.

Adapun beberapa cara perawatan jersey bersepeda yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

1. Hindari mesin cuci

Mencuci menggunakan mesin memang mudah. Selain hanya perlu menunggu proses pencucian dan tangan bebas dari keperluan mengucek, proses mencuci pun bisa selesai dengan waktu yang cukup cepat. Namun, untuk jersey bersepeda, tentu mesin cuci bisa dikatakan sebagai momok.

Ya, bahan jersey bersepeda yang berbeda tersebut akan sangat riskan dan mudah rusak jika dicuci menggunakan mesin. Oleh karenanya, hindari penggunaan mesin untuk mencuci jersey bersepeda yang kotor atau bahan jersey Anda akan cenderung mudah melar.

2. Cuci dengan cara yang benar

Tidak hanya cukup menghindari mesin cuci untuk mencuci dan membersihkan jersey bersepeda yang kotor, Anda juga harus mengetahui cara mencuci jersey sepeda yang benar. Ya, mencuci jersey bersepeda memang berbeda dengan mencuci kaus atau pakaian biasa lainnya.

Khusus untuk jersey bersepeda, Anda sebenarnya disarankan menghindari mengucek terlalu keras apalagi menggunakan sikat. Nah, untuk mencuci jersey bersepeda, rendam jersey bersepeda tersebut dengan menggunakan air dingin bercampur sabun selama beberapa menit.

Setelah itu, angkat jersey bersepeda dan cek apakah ada bagian yang kotor dan mengendap. Jika ya, kucek perlahan. Namun, jika tidak ada kotoran yang mengendap, Anda tidak perlu mengucek jersey bersepeda tersebut melainkan hanya mencelupkannya berulang kali ke air yang sudah bercampur sabun tadi.

Jika sudah, maka bilas dan rendam dalam pewangi jika diperlukan. Nah, jika Anda ingin menjemur jersey bersepeda, maka Anda tidak perlu memerasnya karena akan membuat bahan jersey bersepeda rusak.

3. Jemur di tempat teduh

Hal lain yang penting untuk diketahui perihal perawatan jersey bersepeda adalah saat menjemur. Dalam hal ini, gantung jersey bersepeda yang telah dicuci dan hindari sinar matahari secara langsung.

Beberapa poin di atas bisa Anda terapkan untuk merawat jersey sepeda Anda. Dengan perawatan yang benar, tentu jersey bersepeda Anda akan cenderung awet.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *