Mau Tinggalkan Mobil untuk Liburan? Lakukan 5 Hal Ini agar Kondisinya Tetap Terjaga

Imbuetea – Ada perasaan senang ketika sudah selesai melunasi cicilan kredit mobil bekas Bandung. Sebab, kendaraan tersebut akhirnya menjadi milik Anda sepenuhnya jadi lebih terasa tenang saat membawanya berkeliling Bandung. Namun, bagaimana ya jika Anda dan keluarga justru berencana berwisata ke daerah lain dan tidak mungkin menempuh jalur darat. Artinya, mobil Anda harus ditinggal cukup lama selama Anda berlibur.

Jangan khawatir, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan agar kondisi mobil tetap terjaga meskipun ditinggal lama.

Cicilan kredit mobil bekas bandung

1. Perhatikan tempat parkir mobil.

Parkir kendaraan di garasi atau carport beratap. Tujuannya adalah untuk menghindari terpaan sinar matahari yang terik, tetesan air hujan, hingga debu dan kotoran yang terbawa angin. Soalnya, faktor-faktor tersebut bisa membuat cat mobil jadi cepat kotor, terlihat kusam, dan bahkan pudar. Kalau carport Anda tidak beratap, Anda bisa pakai selimut mobil atau car cover.

2. Bersihkan mobil terlebih dahulu.

Sebelum Anda berangkat liburan, pastikan Anda membersihkan mobil Anda terlebih dahulu, luar dan dalam. Cuci mobil dulu agar eksteriornya bebas dari kotoran dan debu, sehingga kotorannya tidak akan menumpuk terlalu banyak ketika Anda pulang nanti. Bersihkan pula bagian interior agar bakteri tidak berkembang biak sekaligus untuk mencegah bau tak sedap.

3. Isi tangki bahan bakar.

Tahukah Anda kalau bahan bakar di dalam tangki juga akan berkurang walaupun mobil tidak digunakan? Ya, bahan bakar juga akan menguap di dalam tangki mobil meski kendaraan berada dalam posisi parkir selama berhari-hari. Apabila ruang kosong di dalam tangki semakin banyak, tangki akan berisiko berkarat. Oleh karena itu, pastikan Anda mengisi tangki bahan bakar sebelum berangkat. Lebih bagus lagi jika Anda mengisi tangki bahan bakar sampai penuh.

4. Jangan gunakan rem tangan.

Meskipun mobil akan terparkir lama, hindari mengaktifkan rem tangan. Tujuannya adalah untuk mencegah risiko bantalan rem yang tersangkut pada cakram. Karena jika hal ini terjadi, Anda akan kerepotan pada saat Anda akan menggunakan mobil lagi setelah kembali ke rumah. Alternatifnya, gunakan ganjalan ban atau kunci roda sehingga mobil tidak akan bergerak dengan sendirinya.

5. Periksa tekanan semua ban.

Cek kondisi ban dan pastikan bahwa tekanan semua ban berada pada kondisi yang sesuai dengan anjuran pabrikan. Dengan melakukan ini, risiko retaknya pinggiran permukaan ban bisa dihindari. Di samping itu, tekanan angin di dalam ban sebenarnya berkurang lebih cepat ketika mobil dalam kondisi diam alias tidak digunakan, apalagi dalam waktu lama.

Itulah dia beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum tinggalkan mobil untuk liburan. Dengan melakukan 5 langkah di atas, kondisi mobil Anda pun akan selalu terjaga meskipun Anda harus pergi liburan lama. Selamat mencoba!

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *