Sinopsis Through the Darkness, Drama tentang Profiler Pertama Korea

Imbuetea – Setelah lama vakum bermain drama, dan terakhir muncul sebagai cameo dalam One the Woman, aktor kawakan Kim Nam-gil kembali lagi ke layar kaca melalui drama Korea Through the Darkness. Drama yang diadaptasi dari novel nonfiksi berjudul Those Who Read the Minds of Evil karya Kwon Il-yong dan Ko Na-mu ini mengisahkan tentang perjalanan Kwon Il-yong, si profiler pertama Korea ketika memecahkan kasus pembunuhan berantai oleh Yoo Young-chul.

Through the Darkness

Awal kemunculan profiler pertama Korea

Maret 1998, Kepolisian Seoul terus mencari pelaku pembunuh berantai yang telah memakan 12 korban selama sepuluh bulan ke belakang. Pelaku yang dilabeli dengan julukan “Red Cap” atau Topi Merah ini telah menghabisi nyawa perempuan-perempuan muda Seoul; menelanjangi sebagian besar dari mereka, dengan atau tanpa bekas kekerasan.

Untuk memecahkan teka-teki itu, Kepala Forensik Kepolisian Kook Young-soo (Jin Sun-Kyu) mendesak Kepala Regu Kejahatan Khusus Heo Gil-pyo untuk membentuk tim investigasi ilmiah dan menunjuk salah seorang dari mereka menjadi profiler atau analis pelaku kriminal. Ide ini, sayangnya, ditepis mentah-mentah, oleh sang atasan.

Kasus yang memantik lahirnya profiler pertama Korea

Masih di rentang waktu yang sama, korban terkini “Red Cap”, seorang perempuan muda bernama Choi Hwa-yeon, ditemukan tewas di kediamannya dengan tubuh tanpa busana. Malam sebelumnya, sang pacar, Bang Ki-hoon, mengunjunginya dan mengaku sempat adu mulut dengan korban. Pernyataan ini lantas membuat Ki-hoon dinyatakan sebagai pembunuh Hwa-yeon oleh Inspektur Senior Park Dae-woong.

Akan tetapi, Song Ha-young (Kim Nam-gil) yakin dan berupaya meyakini seniornya bahwa Ki-hoon bukanlah “Red Cap” atau pembunuh Hwa-yeon. Alasannya karena ia tidak melihat sosok pembunuh dari sorot mata Ki-hoon. Sayang, Dae-woong menepis argumen Ha-young dan malah menyuruhnya pergi.

Keesokan harinya, Ha-young mengajak Young-soo untuk menginvestigasi ulang rumah Hwa-yeon yang merupakan TKP. Dalam kunjungan tersebut, ia membeberkan analisisnya pada Young-soo tentang si pelaku dan mengapa Ki-hoon bukanlah dalang utamanya. Penjabaran rinci tersebut membuat Young-soo melihat sisi lain Ha-young, yang kelak membuatnya yakin bahwa Ha-young adalah sosok yang tepat sebagai seorang profiler.

Sepak terjang profiler pertama Korea

Setelah menerima tawaran Young-soo, Ha-young kemudian membentuk tim investigasi yang akan membantunya mencari “Red Cap” atau si pembunuh berantai yang telah meresahkan masyarakat Kota Seoul selama hampir satu tahun ke belakang. Dengan titel sebagai profiler atau analis pelaku kriminal, Ha-young mencoba memahami pola pikir terduga pelaku yang muncul satu per satu di hadapannya.

Seperti apakah cara Ha-young menjalani perannya sebagai profiler pertama Korea? Lantas, bagaimanakah akhirnya ia bisa menemukan Yoo Young-chul atau si “Red Cap”? Simak kisah Ha-young dalam drama crime-thriller Through the Darkness hanya di VIU setiap Sabtu dan Minggu dengan sub Indo!

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.