Tips Aman Berkendara saat Harus ke Kantor di Tengah Masa PPKM

Imbuetea – Berangkat kerja di masa pandemi terutama saat PPKM memang cukup sulit, terutama bagi Anda yang tak dapat jatah WFH dan harus datang ke kantor. Tingginya risiko terkena paparan virus yang kian mengganas bila menggunakan kendaraan umum membuat banyak orang lebih merasa aman pergi dengan mobil bekas miliknya. Sebab, Anda bisa mengurangi kontak fisik dengan orang tidak dikenal sepanjang perjalanan. Namun, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama berkendara, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

mobil bekas

1. Tetap mengenakan masker

Segelintir orang menganggap masker sudah tak lagi penting begitu mendapatkan vaksin. Anjuran ini nyatanya tetap harus Anda patuhi, sebab vaksin tak sepenuhnya memproteksi tubuh dari infeksi virus Corona. Maka dari itu, pastikan Anda tetap mengenakan masker sesuai prosedur WHO dan pemerintah sebelum berangkat ke kantor.

2. Berkendara dalam kondisi sehat

Kota-kota besar di Indonesia, khususnya yang masih menerapkan PPKM Level 4, mengharuskan para pekerja membawa surat keterangan tertentu yang menyatakan mereka sehat atau sudah divaksin. Jika Anda merasa kurang sehat, sebaiknya minta izin kepada atasan untuk istirahat atau bekerja dari rumah. Sebab, berkendara saat tubuh kurang prima malah berpotensi membuat Anda semakin rentan terserang penyakit, termasuk virus Covid-19.

3. Selalu membawa hand sanitizer

Selain masker cadangan, hand sanitizer adalah produk kesehatan lain yang wajib Anda bawa saat beraktivitas di luar rumah. Hand sanitizer, selain praktis, dapat menekan risiko paparan kuman, virus, dan bakteri saat Anda bersentuhan dengan permukaan benda. Akan lebih baik lagi kalau Anda langsung cuci tangan di bawah air mengalir setelah tiba di kantor atau pulang ke rumah.

4. Hindari memberikan tumpangan

Sekilas, memberikan tumpangan untuk rekan kerja terdengar aman. Namun, di tengah situasi seperti ini, tindakan tersebut tetap berisiko menyebarkan penyakit, terutama kalau orang yang menumpang sudah bepergian jauh atau belum membersihkan diri. Jadi, batasi atau kurangi penumpang yang Anda bawa, kecuali kalau Anda benar-benar tahu riwayat kesehatan mereka.

5. Jangan kunjungi zona merah

Zona merah merupakan salah satu zona kritis yang tak boleh dikunjungi sembarangan. Wilayah ini mempunyai risiko penularan yang lebih cepat, sehingga berbahaya apabila dikunjungi banyak orang. Kalau rute menuju kantor ternyata melewati zona merah, sebaiknya Anda cari jalur alternatif atau diskusikan dengan atasan untuk menekan peluang tersebarnya virus.

6. Tidak mampir ke tempat makan

Pemerintah memang mengizinkan masyarakat makan di kafe atau restoran dengan batasan waktu maksimal 20 menit. Meski begitu, alangkah baiknya Anda tak mampir ke tempat makan favorit untuk sementara waktu. Memesan melalui aplikasi atau membeli makanan secara take away sangat direkomendasikan dalam situasi ini.

Terakhir, jangan lupa mengecek mobil Anda secara berkala mengingat tak semua bengkel buka saat PPKM. Jadi, Anda bisa mengantisipasi masalah kendaraan sebelum semakin parah. Semoga bermanfaat.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *