Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan agar Anda Tetap Nyaman dan Aman

Imbuetea – Bagi orang-orang yang sering bepergian, memiliki travel insurance Indonesia membantu mereka dalam menyiapkan perjalanan, baik di dalam maupun luar negeri. Namun, ada beberapa kondisi yang tak bisa Anda atasi dengan kepemilikan asuransi, salah satunya mabuk perjalanan atau motion sickness.

Ketika mengalami mabuk perjalanan, Anda bakal merasakan mual hingga muntah. Hal ini tentu mengganggu, entah saat Anda harus menjadi supir maupun penumpang. Lalu, seperti apa cara yang harus diambil untuk mengatasi mabuk perjalanan?

travel insurance Indonesia

Penyebab dan gejala mabuk perjalanan

Disitat dari Medical News Today, motion sickness atau mabuk perjalanan terjadi sistem saraf pusat menerima pesan bertentangan yang dikirimkan sistem motorik. Sistem ini mencakup mata, telinga bagian dalam, reseptor tekanan kulit, hingga reseptor sensorik otot dan sendi. Konflik yang terjadi di antara input tersebut yang lantas akan membuat Anda merasakan mabuk perjalanan.

Gejala mabuk perjalanan pun tak hanya meliputi mual dan muntah. Wajah pucat, berkeringat, mengantuk, pusing, napas pendek, hingga meneteskan air liur adalah sejumlah tanda yang perlu Anda waspadai. Beberapa orang juga kerap merasakan sakit kepala dan kegelisahan ringan sebagai gejala gangguan tersebut.

Cara cepat mengatasi mabuk perjalanan

Setelah mengetahui penyebab serta gejala mabuk perjalanan, berikut cara-cara untuk mengatasinya agar perjalanan Anda tetap lancar dan nyaman:

  • Konsumsi permen mint atau jahe. Permen mint dan seduhan air jahe dinilai mampu meredakan gejala mabuk perjalanan. Rasa dan aroma kedua rempah ini dapat membantu tubuh Anda lebih relaks. Kalau Anda tak bermasalah dengan jahe atau mint, sebaiknya siapkan sebagai bekal di perjalanan;
  • Hirup aromaterapi dan minyak angin. Kalau mual membuat Anda sulit mengunyah permen mint atau meminum seduhan air jahe, gunakan aromaterapi dan minyak angin untuk mengatasi mabuk perjalanan. Aroma lemon, lavendel, adas, kapulaga, dan rempah lain akan membantu Anda menghilangkan gangguan tersebut;
  • Minum obat anti-mabuk perjalanan. Sekarang sudah ada banyak produsen yang menyediakan obat anti-mabuk perjalanan yang praktis dikonsumsi. Pilihlah obat yang sudah mengandung scopolamine dan dimenhydrinate, lalu minum sebelum Anda bepergian untuk meminimalisasi mabuk perjalanan;
  • Ubah posisi tubuh dan beristirahat. Risiko mabuk perjalanan lebih besar terjadi saat Anda duduk menghadap ke samping atau belakang. Ada baiknya Anda mengubah posisinya ke depan. Kemudian, luangkan waktu untuk istirahat sejenak, sebab tubuh kelelahan membuat gejala-gejala lebih parah dan membuat perjalanan Anda terhambat.

Bagaimana kalau gejala mabuk perjalanan tak kunjung menghilang? Kalau berlangsung cukup lama, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Anda juga dapat minta bergantian menyetir kalau pergi bersama teman atau kerabat keluarga. Manfaatkan waktu yang tersedia untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan tersebut.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *